Kamis, 26 Juli 2012

Ganti Oli Transmisi, Transfer Case dan Gardan

Benar sekali bahwa kehati-hatian akan menggantikan biaya besar manakala suatu saat kita melewatkannya, statemen sederhana ini benar-benar saya temukan manakala saya membuka isi dari “jeroan kendaraan” yang selama ini saya gunakan sehari-hari untuk beraktivitas. Betapa tidak, sudah lebih dari 2 tahun kami menggunakannya, ternyata banyak komponen penunjang seperti oli yang diisi asal saja oleh pemilik terdahulu. Hal yang kemudian membuat saya harus berpikir keras untuk jangan sampai keteledoran saya kemudian didahului oleh kerusakan yang diakibatkan ketidak telitian saya dalam pemeliharaan. 

Ada sebagian orang berpendapat bahwa oli gardan tidak perlu di ganti, cukup di tambah saja kalau berkurang. Bagaimana kalau olinya tidak berkurang ? Apakah jangan pernah di ganti ? pendapat itu sangat menyesatkan, bagaimana tidak, oli yang telah dipakai dalam putaran tinggi dan beban berat tentu saja kualitasnya akan segera berkurang, pada gilirannya pelumasan terhadap tembaga gerigi tidak optimal akhirnya aus dan harus di ganti. Mahal !
Idealnya penggantian Oli transmisi, gardan dan transfercase adalah setiap 10000 km, dengan ukuran :
1. Gardan SAE 90-140 kurang lebih 1,5 liter. Kemarin saya menggunakan TOP1 SAE 90
2. Transfercase SAE 90 sekitar 1,5 liter. Ganti setiap 10000 km.
3. Transmisi SAE 90 1,5 liter. Ganti setiap 10000 km.
Anda belum pernah ganti ? Segeralah ganti sebelum tunggangan anda meminta biaya besar.
 

11 komentar:

  1. Mohon maaf itu transmisi & gardan nya brapa liter untuk mobil katana,

    BalasHapus
  2. masa bos oli transmisi 1,5 liter...

    BalasHapus
  3. Gan.. Berapa liter sih kapasitas oli transfer case jimkat.. Ada yg bilang 800cc..ada yg 1,5ltr..jadi bingung..

    BalasHapus
  4. Kalo ngisi oli transmisi maupun oli gardan,, isi sampe keluar dari lubang pengisian. Kalo udah keluar berati sudah itu batas nya.

    BalasHapus
  5. Aku kmrn ganti oli gardan dan transmisi.kok kata bengkel ada lagi oli untuk handle.oli handle itu maksudnya oli apa om 🙏🙏 .katanya hanya 1 liter

    BalasHapus
  6. Yang bingung lobang pengisian oli di tranfer case jimny kok gak ada bagi agan2 yg tau mhon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada om..cari aja yang bautnya sejenis 2 buah...bautny amodelnya beda sendiri...jaraknya berdekatan

      Hapus
    2. Nah saya yuga bingung ini,lubang pengisian ada bagian atas (tepatnya harus buka cover sticnya n vaub menghadap keatas n skarang kebingungan brap kapasitas olinya

      Hapus
  7. itu semua jenis olinya sama ya? yg penting SAE90 gitu ya?

    BalasHapus
  8. Gandan Sama transmisi sama ukuran olinya 90 an

    BalasHapus