Sabtu, 21 Juli 2012

Kuras Power Steering


Penggantian oli P/S disebut sebagai kuras oli Power steering. Namun banyak yang belum paham tentang kuras oli P/S ini, pengertian kuras disini bukan hanya mengganti olinya saja dengan yang baru, tetapi juga harus memastikan bahwa seluruh system P/S bersih.
Pada P/S tentunya ada reservoir atau bak penampung oli P/S, didalam reservoir ini biasanya terdapat kasa filter, yang gunanya untuk menyaring kotoran. Nah jika kotoran sudah banyak menumpuk disini dan tidak dibersihkan akan percuma saja mengganti oli dengan yang baru.
Untuk menguras oli P/S dengan baik dan benar sebenarnya mudah saja, caranya yaitu, Buanglah oli yang ada dalam reservoir P/S pump menggunakan selang kecil sampai habis.
Lihat kedalam lubang pengisian oli apakah banyak kotoran yang terperangkap disitu, jika tidak, proses pengurasan bisa langsung dilakukan dengan membuka selang P/S balik (bukan selang Pressure) yang menuju P/S pump dan simpanlah bak penampung oli di bawahnya.

Gerakan steer kekiri dan kanan sampai mentok beberapa kali sehingga oli P/S tidak lagi keluar dari selang balik. Pasangkan kembali selang balik P/S dan isi reservoir dengan Oli P/S yang sesuai. Hidupkan mesin, satu orang didalam menggerakan steer ke kiri dan kekanan berulang-ulang dan seorang lagi mengisi Oli sampai level yang ditentukan. Dab biarkan beberapa saat agar oli bersirkulasi. Matikan mesin, keluarkan oli dari reservoir memakai selang.
Lepaskan lagi selang balik dari P/S pump. Dan ulangi langkah3. hal ini bisa dilakukan satu atau dua kali. Jika yakin sudah bersih, lakukan langkah4 dan 5.
Jika pada langkah 2 diatas ternyata banyak kotoran pada reservoir, yang harus dilakukan adalah membersihkan reservoir terlebih dahulu, dengan cara,
A.        Lepaskan selang tekan P/S
B.        lepaskan selang balik
C.        lepas belt P/S
D.        lepaskan P/S Pump dari bracket atau dudukannya.
E.         lepaskan baut pengikat reservoir
F.         bersihkan reservoir
G.       setetelah bersih, gantilah O-ring resrvoirnya
H.        Pasangkan kembali (urutan terbalik dari cara membuka)
I.          Lakukan langkah 3, 4 dan 5

Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. Saat mengeluarkan oli power stering, apakah mesin dalam keadaan hidup?

    BalasHapus